Tuesday, April 4, 2017

Lowongan HSE Officer - Prasmanindo Boga Utama



PBU, as we are more commonly known, has been providing remote site catering and support services throughout Indonesia since 1985. We, together with Compass Group plc, our technical partners, provide our clients with Professional Service, delivered by Professional People to achieve Professional Results. Our clients, mainly from the Mining, Oil & Gas sectors, are cared for by our workforce of over 2,700 employees.
Our pledge to provide our employees and clients with a safe, healthy and hygienic environment to live and work within is substantiated by multiple awards for safety milestones and accreditation in both ISO 9001:2008 and Food Safety. With designated personnel engaged in Quality Assurance, Quality Control, and Safety coupled with a regular audit program realizing this pledge is achievable.
Our vision is simple. We are about three things: Professional People, Professional Service, Professional Results. Our strategy for attracting  Professional People is to become the Preferred Employer. The way we deliver Professional Service is through Operational Excellence and Customer and Client Satisfaction.

All of this leads to Professional Results and enhances our Market Leadership.

HSE OFFICER

  • Female / Male 
  • Minimum Diploma Degree in Public Health (Environmental Health), Occupational Health & Safety, Food Technology, or equivalent 
  • Have certificate AK3 Umum 
  • Minimum two (2) years of experience as HSE officer 
  • Experience in oil and gas, construction or service related fields is required 
  • Good working knowledge of Microsoft Office Word, Excel and PowerPoint 
  • High personal integrity 
  • Ability to communicate effectively in English 
  • Willingness to be placed in locations throughout Indonesia on rotation schedule 
  • Excellent health condition 
  • Pleasant disposition, self-motivated with good interpersonal skills 

Interested applicants may send your resume to recruitment@ptpbu.com

Monday, April 3, 2017

10 Tips Agar Pewawancara Terkesan Denganmu


Memang benar, CV-mu lah yang mengantarkanmu untuk dapat memasuki tahap wawancara kerja. Tapi peran CV untuk membuatmu mendapatkan pekerjaan hanya sampai tahap awal saja. Pada saat tahap wawancara kerja, sikap dan caramu dalam menjawab pertanyaan dari pewawancara mempunyai andil yang besar untuk menentukan nasibmu selanjutnya.

Tahap wawancara kerja merupakan kesempatan untuk kamu membuktikkan kepada HRD perusahaan bahwa kamulah kandidat yang tepat untuk posisi yang kamu lamar. Pastikan untuk memberikan jawaban yang dapat mengesankan HRD perusahaan dan jangan lupa untuk bersikap profesional dan percaya diri. Ingatlah bahwa HRD perusahaan akan menilai dirimu saat wawancara nanti. Peniliaian bahkan dimulai dari langkah pertama kamu memasuki ruangan interview. Jadi pastikan semuanya, dari mulai gaya berpakaianmu hingga gestur tubuhmu sudah kamu persiapkan.

Cara Agar Pewawancara Terkesan Denganmu :

Persiapkan Semua Dengan Matang
Hal terpenting sebelum kamu datang ke interview kerja adalah mencari tahu segala hal tentang calon kantormu tersebut. Dari mulai perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, alamat perusahaan hingga pekerjaan seperti apa yang akan kamu kerjakan nanti. Merupakan hal yang bagus juga bila kamu mencari tahu tentang siapa yang akan mewawancaraimu nanti.

Berpakaian Profesional
Walaupun banyak yang mengatakan don’t judge a book by its cover, namun merupakan hal yang lumrah bila HRD perusahaan akan menilai penampilanmu terlebih dulu. Dengan berpakaian profesional berarti kamu telah menghargai perusahaan yang telah mengundangmu untuk wawancara kerja. Jadi pastikan kamu jangan sampai salah memilih pakaian kerja  saat interview kerja nanti. Jangan lupa juga untuk memperhatikan sepatu yang akan kamu kenakan.

Jangan Terlambat
Bila kamu datang terlambat, kamu hanya akan meninggalkan kesan yang tidak baik di mata HRD. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Jadi pastikan saat wawancara kerja nanti kamu datang tepat waktu. Jika kamu tidak mengetahui lokasi persis perusahaan yang memanggilmu untuk interview, kamu bisa datang untuk survei lokasi maksimal sehari sebelum hari interview. Ada baiknya untuk kamu datang 15 menit lebih awal untuk memberikan kesan bahwa kamu mempunyai dedikasi yang tinggi dan mempunyai manajemen waktu yang bagus.

Ubah Mode Handphone Menjadi Silent
Handphone yang berdering ditengah-tengah proses wawancara kerja akan memberikan kesan sangat tidak profesional. Jadi pastikan ya untuk menjadikan profile handphone ke mode senyap.

Jangan Lupa Untuk Berjabat Tangan
Jabat tangan merupakan hal kecil yang kadang dilupakan oleh para job seekers. Jabatan tangan yang erat akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang penuh dengan kepercayaan diri. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan dan mengakibatkan pewawancaramu terluka ya.

Berikan Senyuman
Jangan pernah meremehkan dari kekuatan ramah tamah. Dengan memberikan senyuman dan eye contact, akan membantu dalam membangun interaksi dengan pewawancara.

Jaga Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh dapat menggambarkan perasaanmu, jadi berhati-hatilah dengan hal yang satu ini. Pastikan dudukmu tegap dan tetap pandang mata pewawancara. Dengan menjaga bahasa tubuh seperti tersebut dapat membuktikan bahwa kamu serius dan fokus ke wawancara. Membungkuk atau mengedarkan pandangan ke sekeliling ruangan mengindikasikan kamu kurang serius dan tidak fokus untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan.

Catat Hal Penting
Catat hal yang kamu anggap penting selama wawancara berlangsung. Mencatat tak hanya berguna untukmu saja, tapi bagi para HRD mereka akan beranggapan bahwa kamu memperhatikan terhadap apa yang HRD katakan.

Bawa Salinan CV-mu
Walaupun pewawancara telah mempunyai salinan CV-mu, namun tidak ada salahnya untuk membawa lagi salinan CV-mu lagi. Bawa salinan CV yang terbaru untukmu dan pewawancara. Salinan CV-m berguna saat pewawancara ingin membicarakan pengalaman kerjamu.

Ajukan Pertanyaan
Wawancara kerja yang bagus berarti adanya komunikasi dua arah antara pewawancara dengan yang diwawancara. Ini berarti, tak hanya pewawancara saja yang boleh mengajukan pertanyaan, kamu pun seharusnya mengajukan pertanyaan. Siapkan beberapa pertanyaan sebelum wawancara berlangsung, tanyakan saat pewawancara memberimu waktu untuk bertanya.

Setelah CV-mu berhasil menarik perhatian HRD dan kamu dipanggil untuk wawancara kerja. Langkah selanjutnya adalah membuat HRD terkesan denganmu. Bersikaplah profesional dengan memakai pakaian yang profesional dan memberikan jawaban yang menyakinkan. Sering-seringlah berlatih, bisa dengan temanmu atau melakukannya sendiri, seolah-olah kamu sedang diwawancara oleh perusahaan idamanmu. Tetap semangat!

Thursday, March 30, 2017

Lowongan Field HSE Officer - PT. Hexindo Gemilang Jaya

Lowongan Field HSE Officer - PT. Hexindo Gemilang Jaya

PT. Hexindo Gemilang Jaya – Lemang PSC is listed company with core businesses in oil and gas Exploration and Production (E&P) is urgently seeking the following position:

Field HSE Officer
Main Responsibilities: 
Implement and monitor all aspect of safety and health on field operation to prevent risk of work accident and work health diseases to worker, work partner and community of field operation environment. Provide HSE leadership to Company field personnel. Manage on site permit to work approval and control activities. Conduct emergency response drills. Assist Field Superintendent to conduct thorough and accurate incident investigation, reporting, and follow action. Manage HSE record keeping and ensure all Hazard Observations and Corrective Actions are closed out in a timely manner.

Requirement: 
Education: Bachelor’s Degree in Engineering or Safety/Environment

Skills, Knowledge, Certification: 
  • Fluent in written and spoken English
  • Experience in implementation of HSE management system, work program, inspection, audit, emergency response, reporting and advising.

Work experience: 
Minimum of 10 years in oil & gas industry with minimum 5 years as Field HSE Officer.

A competitive remuneration package that will be commensurate with experience and qualifications will be offered to qualified candidates.

Interested candidates are invited to submit a comprehensive resume, stating current and expected salary, and date of availability in MS Word Format to e-mail:

recruitment.jkt@ramba.co.id
We regret that only shortlisted candidates will be notified.

Monday, March 27, 2017

Kecelakaan Esklator Terpanjang di Hongkong, 18 orang Terluka

Kecelakaan Esklator Terpanjang di Hongkong, 18 orang Terluka

Sedikitnya 18 orang terluka setelah terjadi kecelakaan pada eskalator terpanjang di pusat perbelanjaan di Hong Kong pada Sabtu petang. Seperti dilansir Channel NewsAsia, Ahad 26 Maret 2017, insiden terjadi ketika salah satu anak tangga eskalator rusak dan tiba-tiba berbalik arah. Sebuah cuplikan video yang diunggah ke dunia maya memperlihatkan insiden pada eskalator sepanjang 45 meter yang menghubungkan lantai 4 dan 5 Langham Place itu menyebabkan sejumlah orang yang berada di dalamnya kehilangan keseimbangan.
Seorang saksi mata menyebut seorang pria terjatuh dan terluka di kepala. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit Queen Elizabeth. Selain pria itu, Apple Daily juga melaporkan ada 14 perempuan dan tiga pria lain yang turut terluka dalam kecelakaan di mall di kawasan Mong Kok tersebut.
Laman South China Morning Post mengutip wakil kepala pemadam kebakaran wilayah Tsim Sha Tsui, Chung Chi-wai, yang mengatakan bahwa seluruh korban tidak mengalami luka patah tulang dan dalam kondisi sadar. Juru bicara pusat perbelanjaan Langham Place kepada Apple Daily mengatakan bahwa eskalator nahas itu telah diperiksa rutin. Perawatan besar terakhir terjadi pada 27 Januari lalu. Selain itu, eskalator juga diawasi setiap dua pekan sekali. Pusat perbelanjaan yang menarik 200 ribu pengunjung setiap harinya itu berjanji akan terus menyelidiki penyebab kecelakaan bersama aparat kepolisian.

Saturday, March 25, 2017

Lowongan EHS Supervisor - PT Indodrill Indonesia

Lowongan EHS Supervisor - PT Indodrill Indonesia

PT Indodrill Indonesia (Indodrill) is a minerals drilling company that provides contract diamond and reverse circulation services to the Indonesian mining and exploration industry. Indodrill is part of Indodrill Holdings, which operates across a number of SouthEast Asia and other countries.

PT Indodrill Indonesia (Indodrill) is seeking a qualified and experienced Environment, Health and Safety (EHS) Supervisor to operate from our Sentul office and from our operational work sites. The position involves the provision of the EHS management function for a staff of approximately 40 office and workshop employees and up to approximately 160 contract staff. The position reports to the Operations Manager and currently has five EHS Officers reporting (varies with operational sites).

The EHS Supervisor is expected to provide the leadership in keeping our people and the people we work with safe in the workplace, to provide training and mentoring to the site-based Safety Officers and to ensure that Indodrill complies with the Indonesian regulatory requirements.

Environment, Health & Safety (EHS) Supervisor
The Key Functions of the role are as follows:
  • Foster EHS culture to all employees while supporting the growth of Indodrill;
  • Effectively manage the team of Indodrill EHS Officers and provide leadership, mentoring and training to them;
  • Develop and maintain EHS systems and processes by working in conjunction with HR and Operation Departments;
  • Ensure compliance to Indonesian Laws with respect to people, health, safety and environment;
  • Ensure investigations are conducted effectively and that action plans completed, including monitoring return to work issues where relevant;
  • Liaise with key client, government, provincial entities and bureaus in respect to EHS;
  • Ensure the EHS and Training requirements of the business are delivered, assessed, recorded and managed with the purpose of personal improvement of all employees;
  • Identify and put in place processes to manage risk and hazards in the workshop/office;
  • Communicate with and supply EHS information as necessary;
  • Assist sites to produce site specific EHS plans incorporating Indodrill, Client and Indonesian rules and regulations;
  • By working closely with EHS Officers and operations team ensure that internal and external reporting is timely and effective and that adequate and accurate statistics are compiled on a site and zone basis;

The successful applicant must have the following attributes, skills and experience:
  • A suitable and applicable university degree in an EHS-associated field. 
  • Must have demonstrated experience in a similar sized and varied EHS management role, preferably within a mining-related industry.
  • Must have a good understanding of Indonesian EHS requirements for the mining and related industries.
  • Must have a high standard of spoken and written English.
  • Must have a good understanding and attitude towards effective and practical safety and environmental practices that are primarily aimed at protecting our people and the environment.

Please send your application together with a detailed resume including recent color photograph to: s.sitorus@indodrill.com

Thursday, March 23, 2017

Lowongan Safety Staff - PT Tanjung Power Indonesia

Lowongan Safety Staff - PT Tanjung Power Indonesia

PT Tanjung Power Indonesia (TPI) is a subsidiary indirectly owned by PT Adaro Energy Tbk and wholly owned subsidiary of PT Adaro Power which owns 65% of TPI and PT EWP Indonesia, a subsidiary directly owned by Korea East-West Power Co Ltd, which owns 35% of TPI. PT Tanjung Power Indonesia will build and operate 2 x 100 MW high technology coal-fired Independent Power Producer (IPP) in Tabalong, South Kalimantan to create maximum value from Indonesia coal. This project is part of our vision to be leading Indonesian mining and energy group as well as continuing our contribution to national development.

Safety Staff (Scaffolding) 
Available Position : 1
Employment Status : Contract
Work Location : Tanjung, Kalimantan Selatan

Job Responsibilities : 
  • Responsible to ensure all the scaffolding in Construction project the in accordance with the prevailing standards, procedures and laws.
  • Monitor the design, certification of all scaffolding structure on site according to all relevant specifications and standards.
  • Inspect all scaffolds erected with the boundaries of Project construction sites to ensure they are suitable for safe use, and comply with the relevant industrial standards, Company permit work procedures.
  • Inspect and assess the condition of the scaffolding material and reject damaged, defective and substandard material.
  • Ensure that the Contractor maintain a record of the condition of all scaffolding materials and assemblies to ensure that they are maintained correctly and dispose of the damaged or defective materials.
  • Provide advice on the suitability of specialized scaffolds supplied by contracting companies to meet the health and safety requirements of Company, with regard to design and access in case of plant upset conditions.
  • Provides technical advice on scaffolding works and participate in work requiring higher level skills.
  • Ensure that materials for scaffolds are marked and kept in good condition and safely used.
  • Has capability to calculate the counterweight for outboard of heavy duty suspended scaffolding.
  • Ensure awareness of and compliance with HSE rules and regulations by the EPC contractor.
  • Design and preplanning of the scaffold including the weight of limitations, scaffold type, fall protection, tie off-s, supports, etc.
  • Overseeing the erection of the scaffold
  • Final inspection of the scaffold prior to initial occupation for use.
  • At a minimum, daily inspection and documentation of the condition of the scaffold and its ability to be occupied safely.
  • Inspections of scaffolds after changes / alterations have been made.
  • Oversight and inspections of mobile scaffolds

Job Requirements : 
  • Minimum Diploma graduate majoring in any discipline. 
  • Min. 3 years of experience as Scaffolding Inspector
  • Good knowledge in Ahli K3 Umum, Emergency Response, Health & Safety Management, Fire Fighting
  • Good communication and managerial skills.
  • Good command in English both oral and written
  • Willing to be placed at Tanjung, Kalimantan Selatan

Please Register and Apply to Company Website: www.adaro.com

Wednesday, March 22, 2017

Kumpulan Meme Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3

Kumpulan Meme Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3



WartakatigaSiapa zaman sekarang yang tidak mengenal meme, bermuatan gambar dan diisi dengan kata-kata yang lucu bahkan menyindir. Tujuannya cuma satu agar pesan yang dibuat pembuatnya sampai. Dalam dunia K3 juga meme dapat menjadi sarana yang cukup efektif dalam menyampaikan pesan-pesan keselamatan dan kesehatan kerja di area kerja. Berikut adalah beberapa kumpulan meme keselamatan dan kesehatan kerja yang bisa dijadikan inspirasi.

Meme K3 Pertama
Bahaya Itu Nyata
Ayo Lakukan Identifikasi !

Kumpulan Meme Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 - Bahaya Itu Nyata - Warta Katiga

Meme K3 Kedua
Seperti Kura-Kura
Bawa APD Kemana-Mana

Kumpulan Meme Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 - Seperti Kura-kura - Wartakatiga

Meme K3 Ketiga
K3 Seperti Menabung
Banyak Nyawa Disimpan

Kumpulan Meme Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 - K3 Seperti Menabung - Wartakatiga

50% Kecelakaan Kerja Terjadi di Lingkungan Kerja

50% Kecelakaan Kerja Terjadi di Lingkungan Kerja

Wartakatiga. Dilansir dari Antara, sepanjang  2016 terjadi 5.093 kasus kecelakaan kerja yang menimpa peserta BPJS Ketenagakerjaan dan 82 persen di antaranya pria dan 50 persen di antaranya terjadi di lingkungan kerja.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif di sela acara diskusi risiko kecelakaan kerja mengatakan bahwa hal itu menunjukkan perubahan, dari kecelakaan lalu lintas menuju dan pulang kerja menjadi kecelakaan di tempat kerja.

Kondisi itu menunjukkan perlunya perhatian lebih pada keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Sebelumnya, dominassi kecelakaan kerja terjadi di luar tempat kerja, yakni kecelakaan lalu lintas saat pekerja menuju atau pulang dari lokasi kerja.

Kini, sepanjang 2016 di Jakarta terjadi 2.565 (50%) kasus kecelakaan kerja di lokasi kerja, sedangkan kecelakaan lalu lintas sebanyak 2.099 (41,21%) dan 429 (8,42%) kasus terjadi di luar lokasi kerja.

Tingginya risiko kerja di lokasi kerja itu menjadi BPJS Ketennagakerjaan menggalakkan program Jaminan Kecelakaan Kerja Return to Work (JKK-RTW) yang memastikan pekerja untuk bekerja kembali setelah kecelakaan kerja yang mengakibatkan kecacatan atau disabilitas.

Sejak 2016, tercatat sebanyak 1.096 perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan mendukung program tersebut. Para pekerjanya secara otomatis mendapatkan perlindungan JKK-RTW jika sesuatu yang tidak diinginkan menimpa pekerja yang sampai mengakibatkan cacat.

Pada kegiatan sosialisasi program tersebut di RS MMC, Krishna Syarif mengapresiasi pengusaha yang telah mendukung program JKK-RTW.

Ia berharap tetap memprioritaskan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk meminimalkan angka kecelakaan kerja.

"Program JKK-RTW ini bertujuan membantu pekerja yang mengalami kecelakaan kerja untuk bisa kembali bekerja dengan kondisi kecacatan atau keterbatasan fisik yang diderita dengan mendapatkan keterampilan baru," ujar Krishna, Rabu (15/3/2017).

Program tersebut membantu pekerja yang mengalami kecelakaan dengan program pendampingan sejak saat pengobatan di rumah sakit, pemulihan pasca pengobatan dan perawatan, hingga pelatihan kerja untuk mendapatkan keterampilan yang sesuai dengan kondisi fisiknya.

Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta Endro Sucahyono mengatakan bahwa pihaknya sudah menggandeng 71 rumah sakit trauma center, 95 klinik/fasilitas kesehatan, dan tujuh pusat pelatihan untuk memudahkan para pekerja mendapatkan pelayanan terbaik.